Memulai Bisnis Kursus dari Rumah

pensil-orangeBimbingan belajar adalah bisnis berbiaya rendah yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga, orang tua yang anaknya mengikuti home schooling, bahkan mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan sampingan.

Jumlah individu yang menawarkan les privat meningkat dengan tajam mulai dari 250.000 lima tahun yang lalu hingga lebih dari 1 juta saat ini, menurut National Tutoring Association.

Anda bisa mengajar siswa yang membutuhkan bantuan akademis. Anda bisa mengajar orang asing untuk belajar bahasa Inggris atau membantu mereka belajar, yang terhambat kendala bahasa.

Elemen penting dalam bisnis ini adalah pengetahuan Anda terhadap materi. Meski ijasah sarjana atau mengajar tidak dibutuhkan, Anda harus memahami topik masalah terlebih dahulu jika Anda mengajar siswa sekolah menengah atau mahasiswa. Tentukan area keahlian Anda – misal, sains sekolah menengah atau dasar, atau matematika – dan fokus pada materi tersebut (meski ada beberapa yang memiliki klien mulai sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Lokasi dimana Anda akan mengajar juga masalah yang tidak kalah penting. Jika Anda mahasiswa yang tinggal di asrama, pertimbangkan mengajar di perpustakaan, ruang belajar, atau rumah siswa yang Anda ajar.

Untuk memasarkan bisnis ini, lakukan pendekatan pada sekolah di sekitar wilayah Anda. Anda bisa bicara dengan kepala sekolah atau guru agar mereka tahu ketrampilan dan kualifikasi Anda (bawa selebaran atau brosur). Minta ijin jika Anda bisa mempromosikan bisnis Anda di sekolah dengan menempelkan selebaran di papan buletin sekolah atau menempatkannya dimana anak-anak bermain. Atau lebih baik, tanyakan mereka jika bisa mereferensikan siswa yang mungkin membutuhkan tutor privat. Serta menemui bagian pembimbing dan minta referral.

Beriklan di koran sekolah, buku tahunan atau publikasi sekolah lainnya. Persiapkan materi yang akan dikirimkan pada orang tua dan apakah Anda bisa mengiklankannya pada mereka. Anda juga bisa menyebarkan flyer pada orang tua saat menjemput anaknya pulang sekolah.

Anda juga bisa membuat website sebagai brosur online. Ini juga menjadi cara yang efisien untuk berkomunikasi dengan klien, dimana Anda bisa memposting materi atau bahan latihan. Anda bisa memasarakan website secara lokal dan mem-postingnya di direktori lokal di area Anda.

Cek harga tutor di area Anda. Di beberapa kota, tutor mengenakan harga sekitar $50 atau lebih per jamnya, sementara ditempat lain normalnya $30 per jam. Di beberapa tempat mahasiswa mengenakan sebesar $15 per jam. Harga Anda tergantung pada apakah Anda melayani panggilan lewat telepon dan mengajar di rumah klien.

Oleh: By Isabel M. Isidro

Sumber: www.powerhomebiz.com

Tag: , , , , ,

Satu Tanggapan to “Memulai Bisnis Kursus dari Rumah”

  1. bisnis syariah Says:

    artikelny6a bagus gan. Tp klo jadi tutor kursus buat ane rasanya sulit…he..he

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: