Bagaimana Memulai Bisnis Kerajinan- Bag 2: Tips Sukses Bisnis Kerajinan

kerajinan-motor

Jika Anda berencana mengubah hasrat Anda dalam membuat kerajinan menjadi bisnis full time, pelajari 5 tips untuk kesuksesan Anda

(Baca Bag. 1)

  • Awali dengan sesuatu yang Anda cintai. Pengusaha kerajinan tidak memulai usahanya untuk menghasilkan uang: mereka memutuskan untuk menghasilkan uang dari apa yang mereka sukai. Dalam memulai bisnis baru, Anda akan mengalami pasang –surut yang menguras waktu Anda untuk membangun bisnis ke level berikutnya dimana Anda bisa mengandalkan dari apa yang dihasilkannya. Hasrat yang Anda miliki untuk membuat kerajinan bisa membantu Anda mempertahankan tingkat minat dalam bisnis serta mendorong Anda untuk terus bekerja hingga sukses.
  • Meluangkan waktu untuk mengenali pasar Anda. Sebelum Anda memulai bisnis, Anda harus tahu jika orang akan membeli produk Anda, dan mereka membelinya dengan harga yang pantas. Banyak pengusaha yang membuat kesalahan dalam mengubah bisnis menjadi bisnis yang serius, yang pada akhirnya pasar yang ada terlalu kecil untuk membuat bisnis yang menguntungkan. Bisnis Anda bisa bertahan jika ada permintaan yang cukup untuk mempertahankannya.
  • Jangan pernah menganggap selalu ada pasar untuk produk Anda: temukan terlebih dahulu. Kunjungi pameran kerajinan, bazar, berbincang dengan pengrajin, dan membaca publikasi perdangangan. Mengunjungi eBay dan lihat jika ada produk serupa yang dijual, dan berapa harganya. Beberapa informasi penting yang harus Anda cari adalah: cek apakah produk serupa sekarang dibuat oleh mesin dan dipasarkan luas; di import dari Cina atau negara lainnya dengan harga yang lebih rendah atau permintaan produk kerajinan.
  • Menentukan tempat untuk memasarkan produk Anda. Apakah Anda menjual di Web atau pasar kerajinan? Haruskan Anda menampilkan produk di pameran kerajinan? Atau haruskan Anda menjualnya di pasar ini? Anda harus menentukan dimana akan menjual produk. Idealnya adalah dengan memilih outlet yang memungkinkan Anda mencapai jumlah konsumen yang besar dengan harga yang terjangkau. Banyak pengrajin yang sekarang membuka website untuk meraih pasar yang lebih luas, kemudian menata stan di pasar kerajinan saat akhir pekan. Lainnya menggunakan situs lelang online sebagai tempat terbaik untuk menjual, atau setidaknya untuk mengurangi inventori yang berlebihan, termasuk barang yang dikembalikan.
  • Mulai perlahan, tapi pasti. Ini sangat penting jika Anda memiliki anggaran yang sangat terbatas. Jika Anda tidak memiliki modal yang cukup besar, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu. Ini adalah cara terbaik untuk tahu apa yang diinginkan pasar sebelum menghabiskan banyak uang untuk inventori, suplai dan pemasaran. Anda juga harus tahu bagaimana menjalankan bisnis dengan biaya yang efektif dan mempelajari ketrampilan yang Anda butuhkan untuk mengelola cash flow Anda. Pengusaha kerajinan biasanya membutuhkan waktu sekitar dua tahun sebelum bisnisnya menunjukkan profit.
  • Memberikan harga produk dengan tepat. Bagaimana menentukan harga produk seringkali menjadi tantangan pengusaha kerajinan. Anda tidak ingin memberinya harga terlalu rendah yang tidak bisa menutup biaya Anda; tapi Anda juga tidak ingin memberikan harga yang terlalu tinggi. Kuncinya adalah harga untuk profit.

Ada beberapa cara untuk menetapkan harga yang tepat untuk produk Anda:

Pertama, tambahkan biaya-biaya Anda, termasuk bahan baku, buruh, overhead (sewa), perijinan, biaya pemasaran, profit, dan yang lainnya. Untuk menghitung biaya buruh, tentukan berapa banyak yang Anda (atau karyawan Anda) dibayar perjam untuk membuat produk Anda, kemudian kalikan upah perjam ini dengan jumlah jam dalam seminggu yang digunakan untuk membuat produk kerajinan. Tambahkan biaya buruh dengan harga material per biji, dan kemudian dibagi dengan jumlah produk yang dihasilkan dalam waktu yang ditetapkan untuk mendapatkan harga produk.

Kedua, Anda bisa mendekati retailer lainnya dan menawarkan produk serupa. Pelajari pasarnya dan bandingkan harganya di toko-toko, galeri, dan Web. Jika harga Anda melebihi dari produk serupa, Anda bisa menguranginya dengan memotong harga per jam, mendapatkan supplier yang lebih murah atau meningkatkan waktu produksi Anda. Jika harga Anda kurang labih sama dengan produk serupa, Anda bisa mempertimbangkan menaikkan harga Anda.

Oleh: Jenny Fulbright adalah staf penulis PowerHomeBiz.com.
Sumber: www.powehomebiz.com

Tag: , , , , , , ,

Satu Tanggapan to “Bagaimana Memulai Bisnis Kerajinan- Bag 2: Tips Sukses Bisnis Kerajinan”

  1. Informasi Peluang Usaha Terbaru » Bagaimana Memulai Bisnis Kerajinan- Bag 2: Tips Sukses Bisnis … Says:

    […] selengkapnya: Bagaimana Memulai Bisnis Kerajinan- Bag 2: Tips Sukses Bisnis … […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: