Bisakah Pasangan Menjalankan Dua Usaha dalam Satu Rumah?

rumah-pasangan

Bisakah Pasangan Menjalankan Dua Usaha dalam Satu Rumah?

Bisakah sebuah rumah digunakan untuk dua bisnis yang berbeda? “Tentu saja!” menurut John dan Linda Ruffin, yang menjalankan perusahaan pribadi dengan menggabungkan dua kantor mereka di rumah mereka di Santa Barbara, California.

John Ruffin memulai The Synergy Group, perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi manajemen dan pelatihan, 12 tahun yang lalu. Empat tahun kemudian, yakin dengan kesuksesannya dan tidak ingin mensia-siakan potensi Linda, dia mendorong calon istrinya untuk memulai bisnis di bidang riset eksekutif, Opportunities Plus. Tidak semua orang bisa melakukan seperti mereka, kelurga Ruffin sangat yakin dengan potensi benefit baik bagi pasangan dan bisnis.

“Kami adalah direksi bagi diri kami sendiri,” kata John. “Sebagai pasangan, kami memang dekat, tapi kami memiliki jarak dalam hal memberikan kontribusi pemikiran stratejik. Kami membawa pengalaman dan penilaian yang berbeda. Saya senang bertukar pikiran dengan Linda. Dia menangani bisnisnya secara total dan kami tidak ada waktu untuk itu, saya sangat merindukan masukannya.”

Apa yang membuat keluarga Ruffin (dan pengusaha lainnya seperti mereka) bisa sukses dalam hubungan sekaligus bisnis pribadinya?

  • Memiliki bisnis sendiri yang sesuai dengan kepribadian mereka. “Kami saling mengisi tapi sekaligus orang yang mandiri,” kata Linda. “Sebagai pasangan, seperti kami, kami bisa menjalankan bisnis bersama dengan baik. Tapi secara kemandirian, kami menyukai otonomi dalam melakukan tugas kami.”
  • Mereka saling menyemangati. “Ketika Linda bekerja dengan orang lain, saya melihat kemampuan yang tidak dia sadari. Saya tahu dia bisa melakukan sesuatu yang pernah dikerjakannya dan melakukannya sendiri,” kata John.
  • Mereka sangat kompetitif. “Kami sangat sukses dan saling mendukung di setiap langkah,” kata Linda. “Jika kami bersaing dan saling mengalahkan, maka itu adalah jebakan yang nyata.”
  • Mereka mencari peluang untuk membangun bisnisnya masing-masing. “Bisnis kami berbeda, ada beberapa overlap,” kata John. “Kami mencari jalan agar bisnis bisa dilakukan orang lain.” Beberapa klien Linda menjadi klien John, begitu juga sebaliknya. Menurut Linda, “Saling mendukung adalah kontribusai bagi pertumbuhan kedua perusahaan.”

Oleh: Lynn H. Colwell

Sumber: www.entrepreneur.com

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: