Wirausaha Muda Ditumbuhkan

Wirausaha Muda Ditumbuhkan

Monday, 12 April 2010
JAKARTA (SI) – Pemerintah mulai memberlakukan program penciptaan wirausaha muda. Program yang digagas Kementerian Koperasi dan UKM ini bertujuan sebagai salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Deputi Bidang Kelembagaan Menteri Koperasi dan UKM Untung Tribasuki mengatakan, salah satu upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan para pemuda adalah melalui berbagai pelatihan, salah satunya melalui Pesta Wirausaha 2010 yang digelar pada 10–11 April 2010.

Program atas kerja sama komunitas pelaku usaha Tangan Di Atas (TDA) tersebut, ungkap Untung, akan menghadirkan lebih dari 2.000 pengusaha kecil dan menengah.” Kegiatan ini untuk menumbuhkan motivasi berwiraswasta masyarakat Indonesia,” tegas Untung di Jakarta kemarin. Menurut dia, saat ini pemerintah terus berupaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan pemuda Indonesia sebagai bagian dari program pengentasan masyarakat dari kemiskinan.

”Jadi,diharapkan setelah pemuda Indonesia lulus dari bangku sekolah,mereka justru mampu membuat lapangan kerja baru dan bukan mencari kerja,” tandasnya. Melalui momentum Pesta Wirausaha 2010 ini,Untung berharap lebih banyak lagi kalangan muda Indonesia yang termotivasi memulai usaha mandirinya. Dia mengaku, pemerintah sedang merintis sejumlah program pemberdayaan masyarakat.

Di antaranya,program sarjana pencipta kerja mandiri di mana para sarjana yang baru lulus akan diajak untuk mengembangkan usaha yang sesuai dengan keahlian maupun kondisi di daerah asal masing-masing. ”Kepada mereka itu akan diberikan bantuan berupa pelatihan kewirausahaan hingga modal bergulir.

Selanjutnya, setelah usaha mulai berjalan dibentuk koperasi untuk memperkuat usaha tersebut,” paparnya. Sementara itu, Presiden TDA Iim Rusyamsi menyatakan,menjadi pengusaha atau entrepreneur merupakan satu pilihan logis yang bisa ditempuh masyarakat Indonesia. Terutama di saat gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) semakin besar terjadi di negara ini. Berdasarkan informasi dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, hingga Maret 2010,jumlah karyawan yang di-PHK mencapai 68.000 orang.

Angka itu belum termasuk mereka yang telah ”dirumahkan” yang mencapai 28.000 pekerja. ”Sebagai wadah komunitas pelaku usaha dengan anggota mencapai 12.000 orang di seluruh Indonesia, TDA berupaya memfasilitasi proses pembelajaran kewirausahaan untuk masyarakat Indonesia,” paparnya. Proses pembelajaran itu, menurut Iim, akan dilakukan melalui kegiatan-kegiatan skala nasional secara berkelanjutan dan konsisten. Salah satunya adalah melalui kegiatan Pesta Wirausaha 2010 ini. (nurul huda)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: